comforte zone website ornament
comforte zone website ornament
comforte zone website ornament
comforte zone website ornament
comforte zone website ornament
comforte zone website ornament
07 Dec 2023

KARENA WHOOSH RAME, LANJUT PART 2 SAMPE SURABAYA

KARENA WHOOSH RAME, LANJUT PART 2 SAMPE SURABAYA KARENA WHOOSH RAME, LANJUT PART 2 SAMPE SURABAYA

Udah naik Whoosh belum lo, Bro? Ada kabar gembira nih. Proyek kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini bakal dilanjutin sampe ke Surabaya. Wuiiiih mantap, kan? Kita bahas deh yuk. Selain lagi jadi perbincangan, ada beberapa hal penting yang perlo lo ketahui dulu nih. Gas!

Sebagai generasi muda penerus bangsa (ceileh bahasa gue), kita tentu wajib menaruh rasa bangga punya kereta cepat pertama di Asia Tenggara bernama "Whoosh" (kependekan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat). Terlepas dari namanya yang cukup mengundang berbagai reaksi, kereta ini banyak dapet pujian loh dari negara-negara lain. Apalagi pas terkuak kabar yang bilang kalo pembangunan Whoosh bakal dilanjutin sampe ke kota kedua terbesar di Indonesia yaitu Surabaya. 

Nah, untuk nyambut kabar baik yang lagi jadi topik hangat ini, berikut beberapa update terkait kereta cepat yang perlu lo tau biar nggak cuma bengong kalo pas lagi bahas sama inner circle di tongkrongan. 

1. RUTE 

Salah satu topik yang rame dibahas netizen di medsos itu soal rutenya. Katanya rute yang diambil itu rute selatan, alias via Tasikmalaya dan Yogyakarta. Wah spontan aja temen-temen kita yang di Semarang pada sedih, Bro. Beberapa yang lain juga nanyain apakah kira-kira bakal ngelewatin Malang atau nggak? Hmm...kalo gue sih nanyanya kenapa nggak dituntasin sampe Bali? Bikin jembatan dong ya? Hehehe! 

Tapi hal ini masih digodok dalam perencanaan ya. Soalnya sebelum muncul wacana rute selatan, awalnya sempet dibahas rencana rute Cirebon-Semarang-Surabaya. Nah, nggak tau deh tuh gimana jadinya. Yang jelas alasan kenapa kemudian muncul usulan ambil rute selatan karena kontur alamnya nggak jauh beda sama rute Whoosh Jakarta-Bandung yang banyak pemandangan pegunungan. Kalo lo berharap rutenya gimana? 

 

2. ANGGARAN

Penentuan rute ini kaitannya pasti sama anggaran, Bro. Gue lansir dari Kompas, anggaran Whoosh Jakarta-Bandung itu Rp776,19 miliar/KM. Kalo pake dasar hitungan ini, berarti untuk rute Bandung-Surabaya yang berjarak 730 KM jadi butuh estimasi anggaran sekitar Rp556,48 triliun. Tapi itu masih hitungan kotor berdasarkan investasi lintasan rel, rangkaian Elektronik Multiple Unit (EMU), dan aspek-aspek lain kayak pembebasan lahan sampe pemindahan utilitas dan pita sinyal frekuensi GSM ya. Pokoknya semua masih dalam studi awal deh.

 

3. REKOR PENUMPANG

Sejak dioperasikan pertama pada 2 Oktober 2023, kereta yang punya kelas first, bisnis, serta ekonomi premium ini langsung menarik animo warga karena bisa mangkas jarak Jakarta-Bandung jadi 46 menit doang. And you know what? Di awal November kemaren, jumlah penumpang udah tembus 18.053 penumpang dengan tingkat okupansi 94-100 persen full terus! Laku keras, Bro! Ya nggak heran sih karena rame jadi lanjut part 2, hahaha! 

 

4. LIBURAN SINGKAT TANPA PERLU NGINEP

Kalo kata empunya Whoosh yaitu PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), antusias penumpang punya tujuan beragam mulai dari liburan, kunjungan kerja, kondangan, atau ya cuma nyoba aja biar nggak FOMO. Gue sendiri udah nyobain, dan ngerasain experience baru nikmatin weekend singkat tanpa perlu nginep alias tektok. Nah, hal ini nggak cuma dirasain sama warga Jakarta doang yang mau ngabisin weekend ke Bandung, tapi juga sebaliknya, temen-temen Bandung jadi bisa liburan singkat ke Jakarta, Bogor, dan sekitarnya.

"Kami optimis bahwa Whoosh dapat membawa banyak dampak positif di masyarakat. Tak hanya bagi para penumpang yang kini bisa melakukan mobilitas yang lebih efektif, tapi juga bagi wilayah-wilayah yang didatanginya,” kata Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa. 

Bener banget tuh! Nah, sekarang bayangin gimana serunya kalo kereta cepat ini udah jadi sampe Surabaya. Berapa banyak destinasi wisata yang bisa lo datengin dalam waktu singkat tuh! Ke Jogja bisa cuma 1,5 jam, ke Surabaya cuma 3,5 jam, pokoknya #DibawaNyaman banget deh! 

Tapi kira-kira terealisasinya bakal berapa lama ya? Coba spill di komen apa ekspektasi lo sama proyek ini?

 

 

 


 

ARTIKEL TERBARU

COMFORTE ads banner
COMFORTE ads banner
COMFORTE ads banner