Pernah nggak sih lo nongkrong sama temen di tempat makan terus bingung pas milih menu? Nah, kalangan Gen Z menyebutnya dengan istilah "menu anxiety", Bro. Apa itu menu anxiety? Sekali-kali bahas deh yuk biar nggak kudet sama generasi si paling update. Gas!
Menu anxiety itu sederhananya keresahan yang terjadi ketika lo pusing harus pilih menu makanan apa di restoran. Nah, lo sering kan ngalamin? Hahaha! Gue juga, Bro! Sama juga waktu online. Kita pasti pernah kan scroll ojol buat delivery makanan sampe ngabisin waktu lama. Udah lama, pas udah milih eh malah nyesel karena rasanya B aja.
Anyway, semua fenomena sejuta umat ini ternyata pernah ada penelitiannya. Salah satunya dilakukan sama Prezzo, restoran makanan khas Italia di Inggris. Dari 2.000 orang yang mereka survei, 86% Gen Z mengalami menu anxiety ketika mau pesan makan. Beberapa alasannya ada yang dipicu karena harga makanan atau nggak bisa nemuin makanan yang bener-bener diinginkan.
Nggak cuma Gen Z, Generasi Millenial juga cukup banyak yang langsung mode galau waktu pilih menu. Sebanyak 38% dari mereka bahkan ngaku kalo nggak akan mampir ke restoran sebelum liat menunya dulu. Saking bingungnya, banyak dari mereka akhirnya minta temennya dulu yang pesen, terus pilihannya diikutin. Hahaha!
Menariknya lagi, survei juga bilang kalo Gen Z dateng ke restoran hanya karena tertarik sama apa yang dimakan seorang influencer. Setengah dari responden bahkan ngaku pernah ngalamin nggak bisa ngomongin nama makanan yang mereka mau karena sang influencer cuma makan tanpa nyebutin namanya. Ini lucu sumpah!
Selain influencer, sebagian besar Gen Z juga datang ke resto karena tertarik sama foto makanan yang keliatan enak di medsos. Mereka juga ngaku kalo tertarik bikin foto serupa untuk di-upload di akun medsos mereka sendiri. Hmmm, gimana? Berasa relate?
Terus seperti gue bilang di atas, di ranah online juga nggak kalah meresahkan. Pasti lo pernah kan berada di situasi ngerasa nggak enak pesen makanan via ojol. Misalnya pas pengen order makanan tengah malem. Selain pilihan resto yang sedikit di jam-jam segitu, kadang kita juga kepikiran gimana keselamatan sang driver. Aman nggak, nyaman nggak, terus resto yang lo pesen makanannya enak apa nggak.
Kemudian sama juga pas mau order makanan waktu hujan. Lo mungkin juga akan mikirin gimana nasib si driver. Makanannya keujanan nggak? Jadi lama nggak datengnya? Termasuk ketika pesen makanan online yang restonya lagi promo gila-gilaan. Bisa jadi lo juga kepikiran ngantrinya lama apa nggak? Worth it nggak nunggu lama untuk menu yang dipesen. Nah semua hal itu jadi penyebab munculnya kecemasan yang disebut menu anxiety tadi.
But it's ok, Bro. Menurut gue lo nggak harus ngerasa bersalah dengan sindrom ini. Itu tuh murni lo alami karena lo punya pertimbangan sana-sini. And I think it's a good thing punya empati. Tapi kalo boleh saran, coba deh untuk mempertimbangkannya dengan #DibawaNyaman. Nggak perlu nge-suggest pikiran lo pusing milih menu karena jadinya malah pusing beneran.
Fokus aja sama yang emang lo pengen. Kalo lo dateng ke resto karena ngincer nongkrongnya, ya nikmatin. Kalo lo dateng ke resto karena makanannya, nikmatin juga. Dan kalo lo milih menu secara online karena emang lagi promo ya jalanin konsekuensinya. Karena semua pilihan selalu ada baik buruknya, dan yang buruk akan bisa lo minimalisir kalo situasinya #DibawaNyaman. Setuju?
Jadi kita pesen makan apa hari ini? (Bingung lagi) Hahaha!